Yuk Simak Ulasan Direct Marketing untuk Bisnis Anda

Tujuan utama dari aktivitas pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Tentu, banyak jalan bisa ditempuh, banyak formula bisa disusun, untuk mendapatkan pola terbaik pemasaran. Salah satu yang belakangan sangat populer adalah konsep direct marketing.

Konsep ini sendiri sebenarnya bukan hal baru dalam dunia pemasaran. Namun berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih, pebisnis dan divisi pemasaran perusahaan wajib memahami dan mengikuti perubahannya. Secara singkat namun padat, berikut ulasan mengenai metode pemasaran langsung ini.

Mari Kita Mulai dengan Memahami Artinya

Secara mudah, direct marketing berarti pemasaran langsung. Adalah tentang sebuah bisnis mampu membaca pasar, dan melakukan kontak secara langsung dengan pelanggan atau calon pelanggan potensial yang dimilikinya, guna mengenalkan, mempromosikan, dan menjual produk yang dimilikinya.

Penerapan direct marketing ini idealnya akan memberikan hasil yang jelas pada praktek bisnis dan peningkatan angka penjualan. Sebab metode pemasaran ini diformulasikan secara khusus untuk karakter pelanggan atau calon pelanggan potensial yang dimiliki oleh produk Anda.

Lalu Apa Manfaatnya untuk Bisnis?

Setelah memahami definisi dari pemasaran langsung tersebut, mari kita berlanjut ke bagian manfaat yang diberikan direct marketing untuk bisnis yang dikelola.

Tidak secara absolut bisnis Anda akan mendapatkan manfaat berikut ini, namun idealnya manfaat ini yang bisa diharapkan dari direct marketing yang sukses.

Efisiensi Strategi Pemasaran

Karena diformulasikan secara khusus dari hasil riset yang dilakukan terhadap segmen pasar, pelanggan, dan calon pelanggan potensial, efisiensi strategi pemasaran langsung akan lebih tinggi. Pesan bisa disampaikan secara langsung pada segmen yang tepat, sehingga kesempatan mendapatkan konversi ke penjualan makin tinggi.

Pengukuran Keberhasilan Konversi Jelas

Karena segmen pasar yang ditentukan sudah jelas, kemudian kanal yang digunakan juga jelas, maka pengukuran pada keberhasilan aktivitas pemasaran juga akan terukur dengan jelas. Katakanlah Anda ingin mengetahui seberapa besar keberhasilan dari e-mail marketing, tinggal lihat saja konversi dari e-mail yang sudah di-blast.

Hal yang sama bisa dilakukan pula pada kanal pemasaran lainnya.

Optimasi Anggaran

Bisa Anda bayangkan berapa besar budget yang diperlukan untuk memasang baliho atau iklan di media cetak? Well, tak akan kecil tentu. Itu pun belum memperhitungkan efisiensi konversi yang terjadi dari iklan tersebut.

Sebaliknya, dengan formulasi yang tepat dan pemilihan media yang sesuai dengan segmen pasar, aktivitas pemasaran bisa dilakukan lebih optimal, efisien dari segi biaya, dan terukur cermat.

Loyalitas Pelanggan dengan Direct Marketing

Apa yang Anda rasakan saat melihat satu produk atau campaign yang benar-benar mengena di pikiran atau hati Anda? Rasa kedekatan dengan produk atau brand bisa tumbuh dari kegiatan pemasaran yang tepat guna. Jadi, secara langsung direct marketing juga dapat membantu brand Anda dalam upayanya menjadi lebih dekat dengan pelanggan.

Ingat, loyalitas sangat tinggi nilainya di dunia bisnis, terlebih dari pelanggan Anda.

Bagian Terakhir : Cara Melakukan Direct Marketing

Nah untuk mendapatkan manfaat di atas, tentu ada cara-cara yang wajib dilakukan. Berawal dari cara dasar seperti penjualan langsung, berikut beberapa cara direct marketing yang bisa Anda coba.

Penjualan Tatap Muka

Yap, pertama adalah penjualan tatap muka. Di sini, Anda berkesempatan bertemu langsung dengan calon pelanggan, dan memberikan pengalaman pada mereka. Baik dengan produk atau dengan layanan yang ada, kesempatan berinteraksi dengan pelanggan ini akan jadi satu hal yang harus dioptimalkan. Jika tak sampai membeli setidaknya pelanggan atau calon pelanggan mendapatkan kesan kuat.

Telemarketing

Juga menjadi salah satu direct marketing paling klasik, telemarketing sudah dipraktekkan sejak lama. Caranya cukup sederhana, dengan mendapatkan nomor telepon dari calon pelanggan potensial, dan secara langsung menghubunginya untuk menawarkan produk.

Menurut Anda, apa cara ini masih relevan digunakan untuk era sekarang?

E-Mail Marketing

Cara yang sudah menggunakan teknologi internet dan e-mail, hingga saat ini masih terasa relevan dan bahkan digunakan oleh perusahaan besar. E-mail marketing sendiri diformulasikan dengan konten yang sesuai, padat, namun tetap ringan. Pengiriman dilakukan pada alamat-alamat e-mail yang sudah diseleksi terlebih dahulu dengan berbagai cara.

Sudah pernah menerima e-mail dari gerai kopi kesayangan Anda? Itu adalah salah satu bentuknya.

Blasting Pesan Singkat

Nah, serupa dengan poin sebelumnya, cara ini juga banyak digunakan oleh bisnis kekinian dalam menyebarkan promosi, melakukan upaya pemasaran, serta menjaga loyalitas pelanggan. Tak jarang ketika Anda berkunjung ke salah satu gerai, Anda akan diminta mengisi nomor telepon bukan?

Tak menggunakan internet, justru blasting pesan singkat ini menggunakan teknologi seluler yang digunakan hingga saat ini.

Menggunakan Media Sosial

Meski tak secara spesifik masuk dalam kategori direct marketing, namun pembentukan segmen pada follower akun Anda akan jadi poin tersendiri. Orang yang cocok dengan konten dan produk idealnya akan terus mengikuti kabar terbaru dan promo. Jadi social media marketing juga dapat menjadi metode pemasaran langsung yang efektif.

Urusan direct marketing memang tak semudah ketika dibaca. Perlu riset mendalam dan penelitian yang komprehensif, agar formula yang ditemukan bisa optimal dalam memberikan hasil.

Tentu saja upaya dari direct marketing ini juga wajib didukung dengan urusan pembayaran yang praktis dan aman. Jokul by DOKU bisa jadi partner terbaik untuk Anda. Dengan metode pembayaran yang cepat, praktis, dan aman, semua pelanggan bisa bertransaksi dengan cepat dan efisien!